Aliza Wallpaper

Sabtu, 12 Januari 2019

Tips Menata Ruangan Sempit Agar Terlihat Luas




Untuk menata ruangan itu sangat perlu, selain menghilangkan rasa bosan dengan tataan ruang yang itu-itu aja, menata ruangan bisa membuat rumah menjadi lebih segar dan nyaman. Penghuni rumahpun semakin betah dirumah.
Tapi, dalam menata ruangan itu tentu perlu pengetahuan bagaimana menata furniture agar terlihat segar dan nyaman. Meskipun kita rajin membersihkan dan menata ruangan, tapi dalam menatanya tidak bagus itu percuma. Apalagi kalo ruang itu sempit, kita akan cepat bosan dan tidak nyaman dirumah.
Untuk itu saya punya beberapa tips bagaimana menata ruangan sempit bisa terlihat luas:



Warna Cerah untuk Dinding
Dengan warna cerah, rumah kecil akan terasa lapang, segar, dan terang. Mengaplikasikan cat berwarna gelap pada ruangan akan membuat rumah kecil terlihat lebih nyaman, tetapi membuat rumah kecil semakin kecil. Bukannya memantulkan cahaya, warna cat gelap malah menyerap sumber pencahayaan yang masuk, alhasil rumah terlihat suram.



Memasang wallpaper
Rumah yang sempit bukan berarti tidak bisa terlihat seperti rumah mewah. Pemasangan wallpaper akan membuat rumah kamu yang sederhana terkesan lebih mewah. Wallpaper dengan warna cerah dan corak yang sederhana seperti dedaunan dan garis-garis mendatar merupakan pilihan tepat untuk menghiasi dinding rumah dengan keterbatasan luas ruangan. Hindari wallpaper dengan motif yang besar dan penuh karena hanya akan membuat ruangan terlihat semakin sempit.

Pemilihan furniture yang sederhana
Pilihlah meja, sofa dan kursi dengan desain yang ramping dan sleek, dalam artian tidak memiliki terlalu banyak  ornamen, detail dan ukiran. Furniture dengan tampilan yang sederhana akan membuat ruangan terlihat lebih luas dan menyisakan ruang untuk meletakkan benda lain di atasnya. Furniture bertema klasik juga sangat cocok untuk rumah yang minimalis. Biasanya furniture klasik terbuat dari bahan metal, dimana bahan ini akan membuat ruangan yang kecil terkesan lebih luas.
Terlalu banyak furniture juga akan membuat rumah kamu terlihat semakin penuh dan sempit, serta membuat ruang gerak menjadi terbatas. Oleh karena itu, pilihlah furniture yang benar-benar terpakai dan mana yang tidak. Untuk furniture yang tidak terpakai, kamu bisa menyimpannya digudang atau bisa dijual kembali. Dengan begitu, ruangan-ruangan di rumahmu akan terlihat lebih lapang dan lebar.

Jangan Letakkan Furnitur Mepet di Dinding

Jika kamu memiliki sofa di ruang tamu yang kecil, geser sedikit sofa dari dinding, berikan celah untuk bernafas, hingga ketika ada cahaya yang masuk, akan timbul bayangan dari sofa. Bayangan tersebut menciptakan ilusi persepsi ruangan lebih besar dalam rumah kecil.

Manfaatkan Cermin di Dinding
Pada ruangan yang cukup sempit, gantung beberapa cermin berukuran sedang bersebelahan. Kreasikan bingkai cermin menjadi warna seragam untuk mempercantik dekor ruangan, untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas dari aslinya.

Furnitur Multifungsi Sebagai Solusi

Dengan memanfaatkan furniture multifungsi, kamu telah menghemat ruang pada rumah kecil yang kamu huni. Jika kamar tidur sempit dan kamu membutuhkan ekstra ruang untuk menyimpan peralatan, beli kasur yang memiliki laci di bawah tempat tidur yang dapat difungsikan sebagai lemari penyimpanan.


Karpet tanpa corak
Jika kamu ingin melapisi lantai rumah dengan menggunakan karpet, sebaiknya pilih karpet tanpa corak dan dengan warna-warna yang solid seperti hitam. Hal tersebut akan membuat lantai dan ruangan rumah terkesan lebih lapang dan luas.



Jendela dan Tirai Besar
masuk memenuhi ruangan pada rumah kecil cukup banyak sehingga mengubah kesan rumah kecil menjadi rumah yang luas, terang, dan terbuka.Dengan dibantu tirai dan gorden yang besar dan tinggi, Langit-langit akan tampak lebih tinggi dan rumah kecil kamu akan terlihat lebih luas secara vertikal.
Hindari penggunaan sekat
Penggunaan sekat sebagai pemisah antar ruangan hanya akan memberikan kesan semakin sempit. Jika perlu untuk menggunakan sekat, pilihlah sekat yang tidak bersifat permanen agar bisa disingkirkan kapanpun. Namun sebaiknya kam mengurangi penggunaan sekat jika tidak diperlukan. Dengan rumah yang sempit, antara ruang tamu dengan ruang keluarga tidak perlu diberi sekat, karena pada dasarnya fungsi kedua ruangan tersebut adalah sebagai tempat berkumpul dan berbincang-bincang. Hal yang sama berlaku pula antara dapur dengan ruang makan.



Menggunakan rak dinding
Daripada menggunakan lemari biasa untuk menyimpan benda-benda seperti pajangan, tas dan buku, lebih baik gunakan rak dinding atau rak bertingkat. Kedua jenis rak tersebut tertentunya tidak memakan banyak space seperti lemari. Selain menghemat pengguaan ruangan, rak dinding dan rak bertingkat cenderung lebih mudah dipindahkan sehingga kamu bisa dengan mudah memindahkannya saat diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar